IMPLEMENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM KITAB AKHLAQ LIL BANIN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA KELOMPOK B RA AL-FURQON SAYANG CIANJUR)

Authors

  • Wahyudin STAI Al-Ittihad
  • Qudsi Mutawakil Husaini STAI Al-Ittihad
  • Yayu Yuhanidah Wahidah STAI Al-Ittihad

DOI:

https://doi.org/10.62495/jpiaud.v2i1.60

Keywords:

Pemikiran Pendidikan Akhlaq, Kitab Akhlaq Lil Banin, Kedisiplinan AUD

Abstract

Penelitian ini berjudul implementasi pemikiran pendidikan akhlaq dalam kitab akhlaq lil banin terhadap kedisiplinan anak usia dini. Pendidikan akhlak adalah salah satu yang harus didapatkan oleh seorang anak. Seiring perkembangan zaman kemerosotan akhlak menjadi sesuatu yang patut ditakutkan. Anak-anak menjadi semakin rentan terhadap berbagai pengaruh negatif dari lingkungan sekitarnya, seperti media sosial, televisi, teman sebaya, dan budaya populer, yang mungkin tidak selalu mencontohkan nilai-nilai moral yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan, faktor pendukung dan penghambat implementasi pemikiran pendidikan akhlaq dalam kitab akhlaq lil banin terhadap kedisiplinan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai metode. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini implementasi pemikiran pendidikan akhlaq dalam kitab akhlaq lil banin terhadap kedisiplinan anak usia dini sudah dapat diterapkan dan berjalan dengan baik. Hal tersebut berdasarkan hasil temuan yang diperoleh peneliti langsung saat penelitian di RA Al Furqon yang menggunakan pembiasaan tersebut dengan metode bercerita, sosiodrama, bernyanyi dan kegiatan lainnya. Salah satu faktor pendukung pembentukan kedisplinan melalui penerapan karakter religius dan tanggung jawab ini adalah adanya kerja sama yang komunikatif antara guru dengan orang tua. Kemudian salah satu dari faktor penghambatnya adalah lingkungan anak yang kurang mendukung.

Published

2025-05-30