IMPLEMENTASI METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH DI KELAS B PAUD ARROHMAN SELAJAMBE
DOI:
https://doi.org/10.62495/jpiaud.v2i1.58Keywords:
Implementasi, Huruf Hijaiyyah, Al-BarqyAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih belum optimalnya kemampuan mengenal huruf hijaiyyah melalui
metode terdahulu saat guru melakukan tanya jawab. Ada sebagian anak tidak mampu memberikan informasi
atau keterangan yang ditanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan
kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak kelas B di PAUD Arrohman Selajambe melalui metode AlBarqy.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan deskritif, Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui keadaan atau kondisi terjadi dan hasilnya dalam bentuk laporan penelitian.
Penelian ini dilaksanakan secara kolaboratif yang adanya kerja sama antara peneliti dan guru. Subjek
penelitian yaitu anak kelas B di PAUD Arrohman Selajambe. Teknik alat pengumpulan data menggunakan
teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi.pengumpilan data
menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian ini yang diperoleh dapat
disimpulkan bahwa terdapat: 1). Peningkatan mengenal huruf hijaiyyah melalui metode Al-Barqy dan telah
dilaksanakan dengan baik, 2). Upaya guru dalam meningkatkan meningkatkan mengenal huruf hijaiyyah
melalui metode Al-Barqy dilaksanakan dengan baik dengan mempersiapkan RPPH dan media pembelajaran,
3). Terjadi peningkatan mengenal huruf hijaiyyah melalui metode Al-Barqy.