STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER
DOI:
https://doi.org/10.62495/jpiaud.v2i1.57Keywords:
Strategi Pembelajaran Kolaboratif, Meningkatkan Motivasi Belajar, Siswa Slow LearnerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan strategi pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa slow learner di kelompok B RA Darul Athfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru kelompok B dan anak slow learner. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran kolaboratif di RA Darul Athfal guru kelas tidak menyusun Program Pembelajaran Individual bagi anak slow learner. Guru kelas melaksanakan strategi pembelajaran anak slow learner sama dengan siswa lainnya, terkadang juga melakukan pendekatan individual. Perlakuan khusus guru kelas untuk anak slow learner dalam peyampaikan informasi berbeda. Guru kelas membantu anak slow learner dalam pelaksanaan latihan dan praktik. Guru kelas mempunyai strategi masing-masing dalam memberikan penyesuain waktu, cara dan materi dalam penilaian pembelajaran anak slow learner. Kekurangan dari strategi pembelajaran di RA Darul Athfal yakni: kurangnya pengawasan, bahan ajar dan evaluasi terhadap peserta didik. Adapun kelebihannya yakni meningkatnya hasil belajar, keterampilan sosial dan motivasi belajar. Faktor yang menghambat untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu; tidak adanya ke jelasan tujuan pembelajaran, kurangnya memadukan motivasi-motivasi kuat yang sudah ada pada diri siswa dan kurangnya contoh positif dari guru.