PENGARUH LOKASI USAHA TERHADAP VOLUME PENJUALAN JAMUR KRISPI
DOI:
https://doi.org/10.62495/jes.v2i1.76Keywords:
Lokasi Usaha, Volume Penjualan, PengusahaAbstract
Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan seorang wirausahawan dalam membuka usahanya. Karena lokasi merupakan faktor yang mempengaruhi volume penjualan usaha, begitu juga dengan usaha jamur krispi yang dikelola oleh sebagian pengusaha di Pondok Pesantren Majlisul Quro Wal Hufadz. Dalam penelitian ini terdapat lokasi usaha sebagai variabel bebas (dengan 4 subvariabel yaitu akses, visibilitas, lingkungan dan persaingan) dan volume penjualan sebagai variabel terikat. Sampel penelitian sebanyak 10 responden dengan menggunakan metode survei dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana. Setelah dilakukan uji korelasi dan uji koefisien determinasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha (yang terdiri dari subvariabel akses, visibilitas, lingkungan dan persaingan)
tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan usaha.