PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI TERHADAP TREND FASHION DAN MAKANAN MASA KINI MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswi Ekonomi Syariah STAI AL-ITTIHAD)

Authors

  • Wahyudin STAI Al-Ittihad
  • Dudang Abdul Karim STAI Al-Ittihad
  • Lisnawati STAI Al-Ittihad

DOI:

https://doi.org/10.62495/jes.v2i1.72

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Trend Fashion dan makanan, Ekonomi Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Faktor yang mempengaruhi mahasiswi prodi ekonomi Syariah 2. Tinjauan ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif mahasiswi prodi ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (filed research) yaitu penelitian yang berhubungan langsung dengan objek yang diteliti. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Bahwa sebagian mahasiswi prodi ekonomi syariah Angkatan 2020-2021 berperilaku konsumtif dalam berbelanja mereka lebih cenderung mementingkan keinginan dalam berpakaian (fashion) dengan trend yang semakin berkembang dari pada kebutuhan untuk mencari kesenangan semata dan sebagian mahasiswi sudah mempertimbangkan dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan landasan ekonomi islam, Yang mempengaruhi mahasiswi berperilaku konsumtif adalah faktor psikologis sekaligus merupakan faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, yang berpeluang memberikan pengaruh terhadap pembentukan perilaku, Faktor eksternal yang merupakan faktor dari luar individu yang berpengaruh terhadap pembentukan sikap dan perilaku seseorang, Islam mengajarkan dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaklah kebutuhan (needs) lebih mendominasi bukan sekedar kepada keinginan (wants) hendaknya seorang muslim dalam berbelanja secara adil, dalam arti tidak kurang dan tidak berlebihan dari yang semestinya. Jangan kikir dan jangan pula boros. Membelanjakan harta untuk kebutuhan pribadi, dianjurkan dengan ukuran kewajaran.

Published

2025-05-30

How to Cite

Wahyudin, Dudang Abdul Karim, & Lisnawati. (2025). PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI TERHADAP TREND FASHION DAN MAKANAN MASA KINI MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswi Ekonomi Syariah STAI AL-ITTIHAD). Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 66-70. https://doi.org/10.62495/jes.v2i1.72