IMPLEMENTASI PERANAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP WIRAUSAHA SYARI’AH PADA SISWA MENENGAH KEJURUAN (Studi Kasus di SMK IT Nurul Azka Cianjur)
DOI:
https://doi.org/10.62495/jes.v2i1.64Keywords:
Implementasi, Peran Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Wirausaha Syari’ahAbstract
Penelitian ini berjudul implementasi peranan pendidikan kewirausahaan dalm menumbuhkan sikap wirausaha syari’ah pada siswa menengah kejuruan (Studi kasus di SMK IT Nurul Azka). Implementasi merupakan proses penerapan atau pelaksanaan suatu rencana, ide, atau desain ke dalam praktik nyata. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/latihan yang berlangsung disekolah dan diluar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui studi kasus pada SMK IT Nurul Azka, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi yang digunakan oleh SMK IT Nurul Azka untuk memfasilitasi dan mendorong siswa dalam berwirausaha. Data yang digunakan dalam studi kasus ini melibatkan wawanacara dengan guru dan siswa, observasi dan dokumen sebagai bahan yang mendukung dalam melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi peran pendidikan kewirausahaan serta kendala dan solusi SMK IT Nurul Azka dalam menumbuhkan sikap wirausaha syari’ah peserta didik. Temuan menunjukan bahwa yang diterapkan mencakup peningkatan kesadaran guru untuk memberikan banyak praktik dan motivasi berwirausaha. Peningkatan kesadaran siswa untuk meminta haknya kepada guru membuat suatu produk atau kerajinan tangan yang mana nantinya bisa untuk dijual dan pasarkan kepada masyarakat atau warga sekolah. Guru dan siswa kurang berkolaborasi dengan teaching factory padahal sangat berpengaruh untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan sikap wirausaha syari’ah peserta didik. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi lembaga pendidikan lain guna untuk mengadopsi pendekatan serupa guna untuk meningkatkan kesadaran dan peserta dalam implementasi pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan kewirausahaan yang dilakukan oleh SMK IT Nurul Azka sangat relevan sesuai dengan permintaan dunia kerja dan sesuai dengan visi misi sekolah, yaitu meningkatkan kesadaran guru, siswa, kepala program kejuruan, kepala sekolah dan warga sekolah yang lain.